GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DAN MUTU PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN ONSITE DI RUMAH SAKIT PANTI WILASA CITARUM SEMARANG

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DAN MUTU PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN ONSITE DI RUMAH SAKIT PANTI WILASA CITARUM SEMARANG

Authors

  • Rika Destiawarni STIKES Bethesda Yakkum
  • Lisa Dwi Astuti STIKES Bethesda Yakkum
  • Listija Rini Darjanti STIKES Bethesda Yakkum

Keywords:

kepuasan, Mutu Pelayanan, Pendaftaran Onsite

Abstract

Latar belakang: Pelayanan yang baik menunjukan seberapa besar kepuasan yang diberikan pasien kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit. Pelayanan pendaftaran yang baik dapat dinilai dari mutu pelayanannya terutama pada pelayanan pendaftaran pasien onsite.
Tujuan penelitian: Mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien rawat jalan dan mutu pelayanan pendaftaran pasien onsite.
Metode penelitian: Penelitian deskriptif, jumlah populasi 724 orang pasien pendaftaran onsite dan jumlah sampel sebanyak 99 responden. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa kuesioner.
Hasil: 92,8% (92 responden) puas akan pelayanan yang diberikan kepada pasien rawat jalan, kepuasan pasien rawat jalan berasal dari aspek komunikasi, biaya pelayanan, fasilitas yang disediakan, kenyamanan pasien serta ketanggapan petugas dalam memberikan pelayanan berjalan dengan sangat efektif. Sebesar 94,9% (94 responden) menilai mutu pelayanan pendaftaran pasien onsite berjalan dengan baik.
Saran: berdasarkan pembahasan, Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum dapat memberikan pelatihan kepada petugas pendaftran tentang hospitality agar pelayanan dapat lebih meningkat.

Downloads

Published

2025-02-21