Journal of Health Care Education http://journal.stikespantiwilasa.ac.id/index.php/jhce <p>The journal containing writings raised from the results of research or equivalent in the field of health education. Such research includes research in school environments and communities as well as in the general public. Articles published in this journal have never been published / published by other media. </p> en-US jhce@stikespantiwilasa.ac.id (Journal of Health Care Education) jhce@stikespantiwilasa.ac.id (Journal of Health Care Education) Wed, 20 Aug 2025 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 HUBUNGAN BRAND IMAGE DENGAN PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PASIEN NON BPJS DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN KESEHATAN PADA INSTALASI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT “X” SEMARANG http://journal.stikespantiwilasa.ac.id/index.php/jhce/article/view/88 <p>Latar Belakang: Brand image adalah segala kesan yang muncul di benak konsumen yang terkait dengan ingatannya mengenai suatu brand. Brand Image menjadi salah satu faktor dalam pasien memutuskan untuk menggunakan layanan kesehatan di rumah sakit. Rumah sakit yang memiliki citra baik dimata pelanggan, produk dan jasanya relatif lebih bisa diterima. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan brand image dengan proses pengambilan keputusan pasien dalam menggunakan layanan kesehatan pada instalasi rawat jalan di Rumah Sakit “X” Semarang.<br>Metode: Penelitian kuantitatif, jumlah populasi 700 pasien non BPJS rawat jalan, sampel sebanyak 255 responden dengan Cluster Sampling. Instrument penelitian berupa kuesioner. Pengolahan data menggunakan uji chi-square.<br>Hasil: Persepsi pasien terhadap brand image Rumah Sakit “X” memiliki persepsi baik yaitu 90,6%. Berdasarkan hasil uji statistik chi-square mengindikasikan bahwa variable brand image memiliki hubungan yang signifikan dengan keputusan pasien non BPJS dalam menggunakan layanan kesehatan di instalasi rawat jalan dengan nilai signifikansi PValue = 0,000 (P ≤ 0,05) taraf kesalahan (error) 5%.</p> Yeftaria Tri Afiana, Nur Sri Atik, Nor Tri Astuti Wahyuningsih Copyright (c) 2025 http://journal.stikespantiwilasa.ac.id/index.php/jhce/article/view/88 Wed, 20 Aug 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH KOMPETENSI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PERSEPSI KINERJA PERAWAT DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT PANTI WILASA CITARUM http://journal.stikespantiwilasa.ac.id/index.php/jhce/article/view/90 <p>Pendahuluan: Rumah sakit menyediakan layanan kesehatan dengan perawat berperan penting menjaga kualitas pelayanan. Kompetensi dan kinerja perawat menjadi kunci profesionalisme dan citra rumah sakit. Sesuai Undang-Undang No. 17/2023 Pasal 259, fasilitas kesehatan wajib memberikan kesempatan setara berdasarkan penilaian kinerja. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kompetensi dan lingkungan kerja terhadap persepsi kinerja perawat.<br>Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 75 perawat dengan teknik cluster sampling, dan dianalisis dengan metode regresi logistik ordinal.<br>Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa 76% (57 orang) memiliki tingkat kompetensi yang sangat kompeten, 84% (63 orang) menilai lingkungan kerja sangat baik, dan 50,7% (38 orang) menunjukkan persepsi kinerja yang sangat baik. Secara serentak, kontribusinya terhadap persepsi kinerja mencapai 44,7%. Secara individu, pengaruh kompetensi sebesar 34,4% (Wald = 10,469 &gt; 3,481 dan P-value = 0,001 &lt; 0,05), sedangkan pengaruh lingkungan kerja sebesar 13,6% (Wald = 5,092 &gt; 3,481 dan P-value = 0,024 &lt; 0,05).</p> Odilia Averena Alfani, Emanuel Hindro Cahyono, Endang Susilowati Copyright (c) 2025 http://journal.stikespantiwilasa.ac.id/index.php/jhce/article/view/90 Wed, 20 Aug 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH LINGKUNGAN FISIK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT PANTI RAHAYU YAKKUM PURWODADI http://journal.stikespantiwilasa.ac.id/index.php/jhce/article/view/91 <p>Latar Belakang : Kemajuan suatu negara tidak terlepas dari pembangunan kesehatan yaitu pembangunan rumah sakit di berbagai daerah. Salah satu aspek penting dalam pembangunan kesehatan adalah peningkatan mutu pelayanan rumah sakit. Instalasi Rawat Jalan (IRJ) sering menunjukkan tingkat kepuasan pasien yang lebih rendah dibandingkan unit lainnya. Rumah Sakit Panti Rahayu Yakkum Purwodadi sebagai salah satu layanan kesehatan mengalami penurunan kunjungan pasien IRJ dalam enam bulan terakhir sebesar 22,7%, dengan tingkat kepuasan pasien 89%, masih di bawah standar minimal Kementerian Kesehatan (90%). Faktor utama ketidakpuasan mencakup kualitas pelayanan yang belum baik seperti lamanya alur pelayanan BPJS, ketidaktepatan jadwal praktik dokter, serta ketidaknyamanan lingkungan fisik seperti ventilasi buruk, suhu panas, dan pencahayaan kurang memadai.<br>Metode: Penelitian kuantitatif dengan desain pendekatan cross sectional. Teknik analisa data dengan regresi logistik berganda, jumlah populasi 9.689 pasien rawat jalan, sampel sebanyak 99 responden dengan teknik pengambilan Purposive Sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner.</p> Estefania, Emanuel Hindro Cahyono, Sintikhewati Yenly Sucipto Copyright (c) 2025 http://journal.stikespantiwilasa.ac.id/index.php/jhce/article/view/91 Wed, 20 Aug 2025 00:00:00 +0700 HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PASIEN TENTANG KUALITAS PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PANTI WILASA “DR. CIPTO” SEMARANG http://journal.stikespantiwilasa.ac.id/index.php/jhce/article/view/92 <p>Latar Belakang: Kualitas pelayanan sangat berpengaruh pada kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit. Kualitas pelayanan yang baik dapat dinilai dari lima dimensi kualitas pelayanan yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, perhatian, bukti nyata.<br>Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan persepsi kualitas pelayanan dan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Panti Wilasa “Dr. Cipto” Semarang.<br>Metode Penelitian: Penelitian kuantitatif, jumlah populasi 401 orang pasien rawat inap dan jumlah sampel sebanyak 200 responden. Instrumen yang digunakan yaitu berupa kuesioner.<br>Hasil: Persepsi pasien tentang kualitas pelayanan rawat inap di Rumah Sakit Panti Wilasa “Dr. Cipto” memiliki persepsi baik yaitu 91.5% sedangkan 5 dimensi kualitas pelayanan 52.5% pasien memiliki persepsi baik tentang kehandalan dan jaminan, 46.5% pasien memiliki persepsi baik tentang daya tanggap, 49% pasien memiliki persepsi baik tentang perhatian, 48% pasien memiliki persepsi baik tentang bukti nyata dengan signifikasi Pvalue = 0,000 (P ≤ 0.05) taraf kesalahan (error) 5%. Sedangkan 51% pasien rawat inap menyatakan puas terhadap pelayanan di Rumah Sakit Panti Wilasa “Dr. Cipto”.</p> Indah Setia Ningrum; Lisa Dwi Astuti; Daniel Budi Wibowo Copyright (c) 2025 http://journal.stikespantiwilasa.ac.id/index.php/jhce/article/view/92 Wed, 20 Aug 2025 00:00:00 +0700 GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA DENGAN METODE EUCS (END USER COMPUTING SATISFACTION) DAN HARAPAN MANAJEMEN TERHADAP SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) DI BAGIAN REKAM MEDIS RUMAH SAKIT KRISTEN LENDE MORIPA WAIKABUBAK http://journal.stikespantiwilasa.ac.id/index.php/jhce/article/view/94 <p>Latar Belakang: Evaluasi sistem informasi yaitu suatu proses untuk menggali dan mencari tahu, tentang sejauh mana suatu kegiatan implementasi sistem informasi, baik dari sudut pandang pengguna, organisasi, maupun dari segi teknologi sistem informasinya. SIMRS merupakan suatu sistem teknologi informasi komunikasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan rumah sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara cepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pengguna SIMRS pada bagian rekam medis berdasarkan metode EUCS di Rumah Sakit Kristen Lende Moripa.<br>Metodologi: Mix Methode dengan pendekatan explanatory sequential, total sampel penelitian kualitatif 35 orang pengguna SIMRS, dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan angket kuesioner dan 3 informan untuk penelitian kualitatif.<br>Hasil: Rata-rata hasil dimensi content pengguna SIMRS yaitu puas. Rata-rata dimensi accuracy termasuk kategori puas. Rata-rata dimensi format termasuk kategori puas. Rata-rata dimensi easy of use termasuk kategori puas. Rata-rata dimensi timelines yaitu termasuk kategori kurang puas.</p> Frans M. L. Muhu, Nor Tri Astuti Wahyuningsih, Liestija Rini Darjanti Copyright (c) 2025 http://journal.stikespantiwilasa.ac.id/index.php/jhce/article/view/94 Wed, 20 Aug 2025 00:00:00 +0700