PENGARUH LINGKUNGAN FISIK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT PANTI RAHAYU YAKKUM PURWODADI

Authors

  • Estefania STIKES Bethesda Yakkum
  • Emanuel Hindro Cahyono STIKES Bethesda Yakkum
  • Sintikhewati Yenly Sucipto STIKES Bethesda Yakkum

Keywords:

lingkungan fisik, kualitas pelayanan, kepuasan pasien

Abstract

Latar Belakang : Kemajuan suatu negara tidak terlepas dari pembangunan kesehatan yaitu pembangunan rumah sakit di berbagai daerah. Salah satu aspek penting dalam pembangunan kesehatan adalah peningkatan mutu pelayanan rumah sakit. Instalasi Rawat Jalan (IRJ) sering menunjukkan tingkat kepuasan pasien yang lebih rendah dibandingkan unit lainnya. Rumah Sakit Panti Rahayu Yakkum Purwodadi sebagai salah satu layanan kesehatan mengalami penurunan kunjungan pasien IRJ dalam enam bulan terakhir sebesar 22,7%, dengan tingkat kepuasan pasien 89%, masih di bawah standar minimal Kementerian Kesehatan (90%). Faktor utama ketidakpuasan mencakup kualitas pelayanan yang belum baik seperti lamanya alur pelayanan BPJS, ketidaktepatan jadwal praktik dokter, serta ketidaknyamanan lingkungan fisik seperti ventilasi buruk, suhu panas, dan pencahayaan kurang memadai.
Metode: Penelitian kuantitatif dengan desain pendekatan cross sectional. Teknik analisa data dengan regresi logistik berganda, jumlah populasi 9.689 pasien rawat jalan, sampel sebanyak 99 responden dengan teknik pengambilan Purposive Sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner.

Downloads

Published

2025-08-20