IMPLEMENTASI TERAPI KOMPLEMENTER PREGNANCY MASSAGE PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI PRAKTIK MANDIRI BIDAN IDA ROYANI KELURAHAN SAWAH BESAR, KECAMATAN GAYAMSARI, KOTA SEMARANG

Authors

  • Sandria Margreth Charlotta STIKES Panti Wilasa
  • Lisa Dwi Astuti STIKES Panti Wilasa
  • Sintikhewati Yenly Sucipto STIKES Panti Wilasa

Keywords:

Kehamilan, pregnancy massage

Abstract

Latar Belakang: Perubahan fisiologis yang dialami oleh ibu hamil trimester III dapat menyebabkan ketidaknyamanan selama masa kehamilan, salah satu dampak dari ketidaknyamanan yang dialami oleh ibu hamil yaitu gangguan tidur. Asuhan kebidanan esensial dengan terapi komplementer pregnancy massage dapat menangani ketidaknyamanan yang dialami ibu selama masa kehamilan. Asuhan kebidanan dilakukan pada Ny. A umur 28 tahun G2P1A0 di PMB Ida Royani, S,Tr.Keb Kelurahan Sawah Besar, Kecamatan Kota Semarang, Kota Semarang.
Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan melakukan anamnesa, studi dokumentasi dan observasi kepada pasien. Penatalaksanaan asuhan ini menggunakan pola pikir 7 langkah Manajemen Hellen Varney dan didokumentasikan menggunakan metode SOAP.
Hasil: Hasil yang diperoleh dari asuhan kebidanan esensial dengan terapi komplementer pregnancy massage pada Ny. A berjalan dengan lancar, ibu dan bayi dalam keadaan fisiologi tanpa penyulit dan terapi komplementer efektif dalam menangani ketidaknyamanan gangguan tidur yang dialami Ny. A.
Diskusi: Penelitian dilakukan di PMB pemberian asuhan kebidanan secara esensial dengan terapi komplementer pregnancy massage didampingi oleh bidan sangat efektif dalam membantu Ny. A dalam mendeteksi resiko pada kehamilan, mencegah dan menangani ketidaknyamanan syang dialami ibu selama masa kehamilan serta memberikan rasa nyaman dan rileks kepada Ny. A.

Downloads

Published

2024-02-26