PENERAPAN GERAKAN KARAKTER SEJUK EMOSI, HATI, AKAL, DAN TUBUH (SEHAT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DIPLOMA III KEBIDANAN
Keywords:
gerakan karakter “SEHAT”, prestasi belajarAbstract
Latar Belakang: Fakta masalah kebidanan menyebutkan bahwa kinerja bidan masih belum maksimal dalam memberikan pelayanan bukan karena hardskiil tetapi lebih pada softskillnya. Gerakan Karakter Sejuk Emosi, Hati, Akal dan Tubuh (SEHAT) merupakan upaya menggerakkan sivitas akademika dalam menanamkan nilai-nilai karakter yang baik berdasarkan kesejukan emosi, hati, akal dan tubuh melalui Gerakan Pengungkapan Nilai Karakter, Gerakan Disiplin Kampus, Gerakan Artikel Dinding, Gerakan Olahraga, dan Gerakan Metamorfosa yang melibatkan mahasiswa. Nilai karakter yang dikembangkan adalah mandiri, tanggung jawab, kreatif, kerja keras dan menghargai prestasi. Metode: Rancangan penelitian yang digunakan adalah Action Research dengan pre post test design. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Diploma III Kebidanan Semester III Akbid Panti Wilasa YAKKUM Semarang dan Akbid Ar Rum Salatiga dengan jumlah 62 (total populasi). Analisis data dilakukan dengan uji T berpasangan dan uji Wilcoxon serta Uji Korelasi Pearson dan Spearman rho. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan nilai karakter mandiri, tanggung jawab, kreatif, kerja keras, dan menghargai prestasi(p=0,000); prestasi belajar(p=0,001). Terdapat korelasi tidak bermakna antara nilai mandiri(p=0,257), tanggung jawab(p=139), kreatif(p=0,048), kerja keras(p=0,624), menghargai prestasi(p=0,831) dengan prestasi belajar mahasiswa. Diskusi: Simpulan hasil penelitian, Penerapan Gerakan Karakter “SEHAT” meningkatkan nilai mandiri, tanggung jawab, kreatif, kerja keras, menghargai prestasi, dan prestasi belajar mahasiswa. Terdapat korelasi tidak bermakna antara nilai karakter dengan prestasi belajar.