HUBUNGAN BRAND IMAGE DENGAN PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PASIEN NON BPJS DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN KESEHATAN PADA INSTALASI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT “X” SEMARANG

Authors

  • Yeftaria Tri Afiana STIKES Bethesda Yakkum
  • Nur Sri Atik STIKES Bethesda Yakkum
  • Nor Tri Astuti Wahyuningsih STIKES Bethesda Yakkum

Keywords:

Brand Image, Keputusan Pasien, Non BPJS.

Abstract

Latar Belakang: Brand image adalah segala kesan yang muncul di benak konsumen yang terkait dengan ingatannya mengenai suatu brand. Brand Image menjadi salah satu faktor dalam pasien memutuskan untuk menggunakan layanan kesehatan di rumah sakit. Rumah sakit yang memiliki citra baik dimata pelanggan, produk dan jasanya relatif lebih bisa diterima. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan brand image dengan proses pengambilan keputusan pasien dalam menggunakan layanan kesehatan pada instalasi rawat jalan di Rumah Sakit “X” Semarang.
Metode: Penelitian kuantitatif, jumlah populasi 700 pasien non BPJS rawat jalan, sampel sebanyak 255 responden dengan Cluster Sampling. Instrument penelitian berupa kuesioner. Pengolahan data menggunakan uji chi-square.
Hasil: Persepsi pasien terhadap brand image Rumah Sakit “X” memiliki persepsi baik yaitu 90,6%. Berdasarkan hasil uji statistik chi-square mengindikasikan bahwa variable brand image memiliki hubungan yang signifikan dengan keputusan pasien non BPJS dalam menggunakan layanan kesehatan di instalasi rawat jalan dengan nilai signifikansi PValue = 0,000 (P ≤ 0,05) taraf kesalahan (error) 5%.

Downloads

Published

2025-08-20