PERILAKU POLA ASUH CAREGIVER TERHADAP BAYI DAN BALITA STUNTING DI DESA LEMBU

Authors

  • Liestija Rini Darjanti STIKES Panti Wilasa
  • Bayu Nuskantono STIKES Panti Wilasa
  • Nor Tri Astuti Wahyuningsih

Keywords:

Stunting, Caregiver, Pola Asuh

Abstract

Nutrisi dibutuhkan oleh seorang anak dalam masa bertumbuh kembang secara ideal. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi gizi harus pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), sejak hamil sampai anak usia 2 tahun pertama kehidupan, hal ini mempengaruhi kualitas hidup jangka pendek dan jangka panjang seorang manusia. Berdasarkan survei awal terdapat 28 anak stunting di Desa Lembu.
Metode: Metode penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan desain case control. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Information preliminary maupun sekunder diolah menggunakan uji chisquare. Populasi penelitian menggunakan information ibu balita Desa Lembu bulan Maret 2022 dengan sampel berjumlah 61 ibu balita
Hasil: Penelitian ditunjukkan hasil bahwa ada hubungan dengan pemberian makan dengan status stunting (p esteem = 0.016), tidak ada hubungan antara kebiasaan pengasuhan dengan status stunting (p esteem = 0.248), dan tidak ada hubungan layanan kesehatan dengan status stunting (p esteem = 0.622).
Diskusi: Penelitian diharapkan adanya penelitian mengenai faktor lain pada penelitian selanjutnya, meningkatkan pengetahuan pengasuh terutama ibu untuk memberikan asupan gizi yang cukup untuk anaknya agar tercegah dari stunting, meningkatkan asupan gizi untuk anak seperti keanekaragaman makanan.

Downloads

Published

2024-02-26